Senin, 17 Februari 2014

KANDUNGAN SURAH AR-RAHMAN DAN KEUTAMAAN-NYA ANTARA LAIN












Ciri khas 31x diulang-ulang: Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)

1. Keimanan:
Allah mengajar manusia pandai berbicara; pohon- pohonan dan tumbuh-tumbuhan
tunduk kepada Allah; Allah selalu dalam kesibukan; seluruh alam merupakan nikmat Allah terhadap ummat manusia; manusia diciptakan dari tanah dan jin dari api.

2. Hukum-hukum:
Kewajiban mengukur, menakar, menimbang dengan adil.

3. Dan Lain-lain :
Manusia dan jin tidak dapat melepaskan diri dari kekuasaan Allah s.w.t. banyak dari ummat manusia yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan; nubuwat tentang hal-hal yang akan terjadi dan hal-hal itu benar- benar terjadi seperti tentang terusan Sues dan Panama.

Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.(Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn).

Imam Ja’far Ash-shadiq berkata: Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban, ia mengucapkan: La bisyay-in min alaika Rabbi akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti orang syahid

Imam Ja'far Ash-Shadiq berkata:
Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini. Pada saat itu Allah berfirman padanya: Siapakah orang yang sering bangun malam bersamamu saat di dunia dan tekun membacamu. Ia menjawab: Ya Rabbi, fulan bin fulan, lalu wajah mereka menjadi putih, dan ia berkata kepada mereka: Berilah syafaat orang-orang yang mencintai kalian, kemudian mereka memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan. (Tsawabul A’mal).

Subhnallah....

Maha Suci ALLAH yang telah menurunkan AL-Qur'an, dan mengirimkan kita seorang Nabi mulia, Rasulullah, Muhammad Saw. Semoga ALLAh senantiasa memberikan kita hidayah dan rahmat-Nya, sehingga kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa selalu ingat dan berdzikir kepada-Nya. Aamiin

Silahkan Klik Like dan Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.
 
sumber : Kaligrafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar